Minggu, 15 Oktober 2017

berita kesehatan - Inilah Waktu Yang Tepat Supaya Anda Periksa Kesehatan Otak

Inilah Waktu Yang Tepat Supaya Anda Periksa Kesehatan Otak



berita kesehatan - Pemeriksaan dalam kesehatan otak sangat perlu untuk dilakukan secara berkala. Cara ini yang bertujuan untuk bisa mengetahui suatu kondisi otak, apakah ada sebuah masalah pada otak atau tidak.

Waktu yang sangat tepat untuk bisa memeriksakan masalah kesehatan otak, yakni dalam setahun sekali. Menurut dr Agus C Anab, SpBS yaitu dari tim medis Comprehensive Brain and Spine Centre National Hospital, dalam pemeriksaan otak juga tentu bisa dilakukan kapan saja, terutama bagi orang yang sudah berusia di atas 60 tahun.

“Check up otak itu sangat perlu. Jadi jangan tunggu lagi sampai jatuh sakit baru harus periksa otak. Meskipun tidak ada masalah keluhan, maka Anda tetap harus selalu cek otak. Ini sangat berarti jika cek kesehatan otak dilakukan selagi Anda sehat, dan bukan disaat sakit,” lanjut dr Aca, sapaan akrabnya dimana saat ditemui di Hotel Atlet Century Senayan, Jakarta, ditulis Senin

Anda tentu juga bisa melakukan rutin pemeriksaan otak dengan menggunakan MRI (Magnetic resonance imaging). Pemeriksaan MRI ini yang tentunya bersifat aman. Anda juga tidak perlu takut untuk ada efek samping radiasi.
“Jadi, mau sampai berapa kali Anda pun cek MRI, ya tentunya aman,” lanjut dr Aca.

Ada Risiko tumor otak

Adanya rutin pemeriksaan kesehatan otak supaya dapat mencegah dari sebuah risiko tumor otak. Adanya risiko tumor otak dapat bisa terdeteksi jika dengan jelas dalam muncul hasil pemeriksaan MRI.

Jika memang kemungkinan seseorang terdeteksi memiliki tumor otak, maka operasi juga dapat dilakukan. Pada tahap yang tentu masih dini, tumor otak yang belum besar, dalam operasi pembedahan yang sedini mungkin bisa menjadi jalan terbaik.

“Yang pasti harus cek otak dengan menggunakan MRI itu pasti buat supaya memastikan risiko tumor otak dan akan pilihan terapi yang nantinya akan dijalani nanti. Jadi, sangat jelas terapi yang akan terus dilakukan. Kalau masalah tumor otak sudah terdeteksi dan menandakan adanya tumor ganas, pasien akan menjalani sebuah radiasi dan juga kemoterapi,” jelas dr Aca.
Selain dalam pemeriksaan kesehatan otak yang tidak melalui MRI, maka seseorang juga bisa dengan cara melakukan CT scan.

0 komentar:

Posting Komentar